Awas! Murid Kurang Dari 60, Sekolah Akan Ditutup Pemerintah

Sekolah Tutup – Jumlah sekolah di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang signifikan, salah satunya pada tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Jumlah sekolah menengah kejuruan sampai saat ini mencapai 14.000 yang tersebar diberbagai daerah. Namun sayangnya jumlah sekolah yang banyak itu tidak diimbangi dengan kualitas layanan pendidikan yang baik. Bahkan diantaranya memiliki jumlah peserta didik yang sangat sedikit, kurang dari 60 peserta didik.

Sekolah tutup - manajemen pendidikan

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, M. Bakrun menyampaikan bahwa jumlah peserta didik SMK sekitar 5 juta anak, dan sekolah yang kurang berkualitas akan dikurangi.

“SMK yang kurang baik dan siswanya tidak cukup banyak akan kita kurangi,” kata M. Bakrun saat membuka Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan tingkat nasional di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa 9 Juli 2019.

Sekolah yang akan ditutup adalah sekolah yang memiliki jumlah peserta didik kurang dari 60. Berdasarkan data yang disampaikan ada sekitar 2.000 sekolah menengah kejuruan yang jumlah siswanya tidak mencapai 60. 

“Target kami jumlah sekolah SMK turun, tapi jumlah siswa naik. Kita kurangi kira-kira menjadi 12.000 sekolah lah”, kata dia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendorong jumlah peserta didik di sekolah menengah kejuruan terus meningkat secara kuantitatif meskipun jumlah SMK dikurangi.

Hal ini tentunya menjadi kabar yang kurang menggembirakan bagi yayasan pendidikan yang sedang merintis mendirikan sekolah. Salah satu jalan yang terbaik yang bisa ditempuh para pengurus yayasan dan lembaga pendidikan adalah dengan meningkatkan kualitas layanan dan manajemen sekolah agar lebih profesional. Dengan manajemen dan layanan pendidikan yang profesional tentunya akan berdampak positif terhadap kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya ditempat Anda. 

Jangan Sampai Sekolah Kita Tutup

Semoga sekolah dan lembaga pendidikan Anda mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat, sehingga tidak masuk kedalam daftar sekolah yang akan ditutup oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jika Anda ingin meningkatkan manajemen pendidikan secara profesional, salah satunya Anda bisa hadir di kelas HR for School. HR for School merupakan pelatihan manajemen SDM profesional yang didisain secara khusus untuk diterapkan di sekolah dan lembaga pendidikan. Dalam pelatihan SDM pendidikan ini Anda akan memperoleh pengetahuan dan ketrampilan profesional dalam mengelola guru dan karyawan di sekolah Anda.

Untuk informasi lebih detailnya Anda bisa klik disini.

Semoga bermanfaat, 

Salam Sehat Sukses Bahagia,
HR for School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *