SDM Pendidikan? Harusnya Jajaran Manajemen Sekolah Tahu ini

Manajemen SDM Pendidikan – Sumber Daya Manusia Sekolah Profesional. Kompetisi antar sekolah di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Banyak sekolah-sekolah baru yang bermunculan, berdiri dan menjadi kompetitor sekolah yang terlebih dahulu ada. Mereka yang baru berdiri selalu menawarkan hal-hal yang berbeda dari yang sudah ada dan menawarkan layanan yang lebih baik. Dengan kemunculan sekolah-sekolah baru ini, kompetisi memperebutkan peserta didik menjadi semakin berat. Bahkan tak sedikit sekolah yang tahun-tahun sebelumnya mendapatkan peserta didik cukup banyak, di tahun-tahun ini mengalami penurunan. Dan ada juga sekolah yang tidak kebagian murid sama sekali, alias nihil peminat. Kita jangan sampai membayangkan penurunan peserta didik di lembaga pendidikan kita terjadi dari tahun ke tahun. Karena jika mengalami penurunan terus menerus tentunya akan berimbas pada operasional sekolah. Imbasnya bisa mulai dari yang ringan, hingga yang berat seperti bangkrut dan tutup.

Kompetisi ini mendorong setiap sekolah untuk selalu melakukan perbaikan dalam berbagai hal. Tidak terkecuali bagi sekolah dan lembaga pendidikan yang sudah besar dan maju. Mereka juga wajib melakukan perbaikan dan meningkatkan berbagai hal, karena kompetitor lain juga sedang berlomba – lomba dalam melakukan perbaikan lembaganya.

Lantas perbaikan apa yang bisa memberikan dampak sangat besar bagi kemajuan sekolah dan lembaga pendidikan Anda?

Jawabnya adalah dimulai dari perbaikan dan peningkatan manajemen SDM Pendidikan. Sebagai gambaran betapa pentingnya sumber daya manusia, mari kita belajar dari salah satu CEO General Electric. Dalam sebuah kesempatan Charles Coffin CEO General Electric, perusahaan Amerika yang berjaya lebih dari satu abad dan selalu masuk dalam daftar perusahaan yang paling dikagumi di dunia mengatakan ; 

Produk terpenting General Electric bukanlah lampu bohlam atau transformator, melainkan manajerial. Para manajer di General Electric menghabiskan waktu untuk isu – isu sumber daya manusia, seperti merekrut, melatih, menilai, memonitor dan mengembangkan bakat kepemimpinan untuk masa depan.

Dari kutipan diatas menunjukkan betapa vital dan sangat pentingnya manajemen sumber daya manusia. General Electric hanyalah perusahaan yang memproduksi transformator, namun menempatkan manajemen SDM menjadi hal kunci untuk membesarkan dan memajukan perusahaannya. Apalagi kita di sekolah dan lembaga pendidikan, yang produk utamanya jelas – jelas dilihat dari kualitas sumber daya manusianya. Baik dilihat SDM sebagai pengajar, maupun SDM sebagai hasilnya, seperti kualitas peserta didik dan lulusannya. Hendaknya sekolah dan lembaga pendidikan menjadikan manajemen SDM sebagai kunci utama keberhasilan dalam mencapai visi. Dan jika manajemen SDMnya berjalan secara profesional tentunya akan membawa kemajuan besar bagi sekolah dan lembaga pendidikannya.

Manajemen SDM Pendidikan Kunci Keberhasilan Lembaga?

Pada pertengahan tahun lalu, kami kedatangan seorang ketua yayasan pendidikan. Bisa dikatakan yayasan ini sudah cukup besar, sudah memiliki sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan dan pondok pesantren. Beliau bercerita sangat banyak kepada kami tentang manajemen SDM Pendidikan di lembaganya. Mulai dari perekrutan guru, kontrak kerja, penempatan SDM, penggajian, hingga permasalahan-permasalahan pelik dalam unit-unit yang ada di yayasan. Termasuk masalah utama yang beliau alami adalah produktifitas guru dan karyawan yang dirasa lambat laun semakin menurun, padahal diluar sana lembaga lain sedang berlomba-lomba memberikan dan menawarkan pendidikan terbaik bagi peserta didik.

Semua permasalahan dan aktivitas diatas menuntut beliau untuk ikut campur dan turun tangan terlibat dalam berbagai hal. Bahkan lembaga akan terganggu operasionalnya jika ditinggalkan beliau dalam beberapa hari saja. Dan yang paling mengejutkan, untuk sekadar rekrutmen guru baru, ketua yayasan ikut terjun langsung. Fakta lain menunjukkan, bahwa jumlah calon peserta didik yang mendaftar di lembaga beliau dalam tiga tahun terakhir mengalami penurunan. Sungguh kondisi yang tidak kita inginkan. Semoga hal ini tidak terjadi di lembaga pendidikan Anda.

Terkadang kita sebagai pengurus dan pengelola lembaga pendidikan tidak begitu memperhatikan persoalan tentang manajemen SDM pendidikan. Sebagian yang lain, mungkin fokusnya cenderung pada infrastruktur fisik seperti bangunan dan sebagainya. Permasalahan sumber daya manusia memang terkadang seperti hal yang sepele, namun jika tidak terkelola dengan baik, justru menjadi awal munculnya permasalahan besar.

Sebagai contoh misal tentang tingkat kepuasan guru dan karyawan terhadap lembaga. Pernahkah kita melakukan survei atau menanyakan seberapa puaskah guru dan karyawan terhadap lemabaga kita? Bisa jadi aspek gaji dan tunjangan sudah terpenuhi, namun mereka tidak puas akan perlakuan terhadap dirinya, maupun kebijakan yang ada di lembaga. Apalagi gaji dan hak guru maupun karayawan belum terpenuhi dengan layak dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, serta permasalahan-permasalahan SDM lainnya yang bisa membuat guru dan karyawan tidak puas.

Anda bisa membayangkan apa yang terjadi jika guru dan karyawan tidak puas terhadap manajemen SDM di lembaga Anda. Mereka biasanya tidak antusias dalam menyambut kebijakan dan program lembaga, cenderung melakukan penolakan. Seenaknya sendiri dan tidak memenuhi ketentuan lembaga. Dampaknya produktivitas menurun, kualitas pekerjaan maupun pembelajaran yang disampaikan ke peserta didik-pun menurun. Ketika kegiatan belajar mengajar sudah tidak efektif, maka besar kemungkinan apa yang peserta didik peroleh jauh dari harapan dan tidak mencapai standar yang ditetapkan serta apa yang diinginkan wali murid. Selanjutnya akan berimbas pada keluhan wali murid. Dan jika keluhan wali murid tidak dapat di kelola dan direspon dengan baik dan benar, maka yang muncul adalah ketidakpuasan. Ketidakpuasan ini bisa menyebar dengan begitu mudah antar wali murid dan calon wali murid atau bahkan di masyarakat luas. Akhirnya citra sekolah dan lembaga pendidikan kita menurun atau bahkan bisa negatif. Puncaknya peminatnya berkurang dan mengancam keberlangsungan lembaga.

Semoga sekolah maupun lembaga pendidikan Anda dan kita semua tidak tutup dan bangkrut akibat manajemen SDM yang tidak profesional. Karena persaingan antar sekolah saat ini membutuhkan manajemen yang profesional. Yang perlu kita ingat saat ini, manajemen SDM pendidikan yang baik mampu memberikan kontribusi yang sangat besar bagi lembaga. Untuk meningkan kualitas manajemen SDM Pendidikan yang profesional di sekolah dan lembaga pendidikan, Anda bisa hadir dan belajar di pelatihan SDM – HR for School.

Pelatihan SDM Pendidikan | Pelatihan SDM Sekolah Profesional | HR for School

Hingga saat ini sudah lebih dari 200 pengurus yayasan dan lembaga pendidikan, kepala sekolah, manajer HRD maupun kepala personalia sekolah dan lembaga pendidikan dari berbagai daerah di Indonesia telah mengikuti dan memperoleh manfaat dari pelatihan HR for School. Dengan Anda hadir di HR for School, Anda memperoleh pemahaman dan penguasaan keterampilan profesional yang praktis dalam mengelola manajemen sumber daya manusia. Khususnya mengelola guru dan karyawan di sekolah dan lembaga pendidikan Anda. Dalam kelas pelatihan SDM ini, disertai dengan berbagai contoh kasus dan exercise agar mudah dipraktikkan, serta tools SDM yang bisa langsung Anda pakai.

Pelatihan HR for School dirangcang dan dipandu langsung oleh Konsultan dan Praktisi SDM Profesional yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan telah banyak mendampingi lembaga pendidikan dan UKM di Indonesia

Pelatihan SDM Pendidikan - Pelatihan SDM Sekolah Profesional
Pelatihan SDM Pendidikan – Pelatihan SDM Sekolah Profesional – Pelatihan HR for School

Pelatihan Manajemen SDM Pendidikan ini sangat tepat diikuti oleh Anda ;

  • Pengurus dan Pengelola Yayasan Pendidikan yang ingin memajukan dan membesarkan sekolah dan lembaga pendidikannya untuk 5 tahun kedepan.
  • Kepala Sekolah, Manajer HRD dan Kepala Personalia yang ingin meningkatkan kinerja guru dan karyawannya saat ini juga.
  • Anda yang saat ini dan tahun-tahun depan tidak ingin sekolahnya tutup karena tidak mampu bersaing profesional dengan yang lainnya.

Anda Bisa Langsung Daftar Sekarang dan Belajar Banyak Tentang ;

  1. Strategi merekrut guru dan karyawan sesuai dengan kebutuhan lembaga
  2. Teknik efektif interview yang telah teruji dan berhasil (dilengkapi dengan praktik)
  3. Perjanjian kerja, hak dan kesetaraan guru dan karyawan
  4. Strategi dalam mengembangkan guru dan karyawan sesuai dengan harapan lembaga
  5. Cara menghadapi tuntutan dan tantangan guru dan karyawan generasi milenial
  6. Teknik penilaian, reward dan punishment yang efektif diterapkan di lembaga
  7. Manajemen penggajian dan salary grading
  8. Strategi pemberian kompensasi dan benefit
  9. Kunci utama loyalitas guru dan karyawan terhadap lembaga
  10. Cara meningkatkan produktifitas guru dan karyawan
  11. Hukum ketenagakerjaan
  12. Standar operasional prosedur sekolah

Pelatihan HR for School dipandu langsung oleh;

COACH JUMADI SUBUR, SE., MM. CPHR

Konsultan dan praktisi manajemen sumber daya manusia profesional yang telah banyak mendampingi lembaga pendidikan dan UKM di Indonesia. Berpengalaman selama 20 tahun di perusahaan telekomunikasi multinasional. Terakhir menjabat sebagai Manajer Business Partner. Dan memegang Certified Professional Human Resources dari Quantum Quality International.

Anda Langsung Daftar Sekarang Juga Bersama Tim Anda

Informasi lebih lanjut mengenai HR for School bisa Anda Klik Disini

Atau telepon, SMS, WA ke nomor 082227552022 (Ali)

Karena kami menerapkan small class concept agar proses belajar dan diskusi berjalan lebih efektif, maka peserta kami batasi setiap batchnya hanya untuk 40 orang dari seluruh Indonesia, Anda bisa langsung mendaftarkan diri (Formulir Pendaftaran HR for School) bersama tim maupun rekan Anda sekarang juga. Semoga kita bisa ngobrol dan diskusi lebih banyak tentang manajemen SDM sekolah profesional di kelas HR for School. Dan terima kasih karena Anda telah mendaftarkan diri bersama tim Anda. Sampai jumpa di kelas 🙂 

Jangan Sampai Anda Membayangkan Sekolah dan Lembaga Pendidikan Anda Tutup

Langkah sederhana ini bisa merubah dan memberikan pengaruh positif dalam kemajuan lembaga Anda. Ini bukanlah hal yang seberapa jika dibandingkan resiko yang bisa kita alami ketika tidak mampu mengelola SDM Pendidikan secara profesional. Baca Juga : Jadwal Pelatihan dan Lokasi Pelatihan (Klik Disini)

Jazakumullahu Khairan
HR for School
082227552022 (Ali)

Suasana Kelas Pelatihan HR for School

Baca Juga :
Detail Pelatihan HR for School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *