Manajemen Sekolah : Jangan Keliru, Anda Wajib Memahami Manajemen Ini!

Manajemen Sekolah : Jangan Keliru, Anda Wajib Memahami Manajemen ini!

Untuk Anda para pengelola lembaga dan yayasan pendidikan, manajer yayasan, kepala sekolah. Dan Anda yang ingin memajukan manajemen sekolah serta memenangkan kompetisi. Anda bisa me-refresh ingatan dan belajar serta mengadopsi pemahaman manajemen yang telah terbukti berhasil diterapkan pada perusahaan disini. Semoga bisa kita terapkan di sekolah dan lembaga pendidikan kita. Jangan sampai jajaran eksekutif tingkat atas maupun tim manajemen sekolah termasuk kepala sekolah, kepala unit tidak memahami hal dasar ini. Baik, langsung saja kita mulai pembahasannya berikut ini.

Setiap hari para manajer memecahkan bebagai masalah sulit, mengubah oganisasi, dan mencapai prestasi yang mengagumkan. Agar berhasil, setiap organisasi memerlukan manajer yang andal.

Apa ciri yang dimiliki oleh semua manajer andal? Mereka menyelesaikan pekerjaan melalui organisasi mereka. Manajer merupakan fungsi eksekutif dari organisasi, yang bertanggungjawab untuk membangun dan mengoordinasikan seluruh sistem dan bukan mengerjakan tugas – tugas tertentu. Artinya, dari pada mengerjakan sendiri semua pekerjaan, manajer yang andal menciptakan sistem dan kondisi yang memungkinkan orang lain mengerjakan pekerjaan tersebut.

Belajar dari Manajemen di Perusahaan

Saat masih remaja, pendiri Wal-Mart Sam Walton memperoleh $4.000 per tahun lewat jalur persuratannya. Bagaimana bisa? Sam Walton memiliki bakat alamiah dibidang manajemen. Dia menciptakan sistem yang memungkinkannya mempekerjakan dan mengoordinasikan orang lain untuk mengirimkan surat-surat, sehingga ia tidak pelu mengirimkannya sendiri.

Dengan menciptakan sistem dan lingkungan yang tepat, para manajer memastikan bahwa organisasi mereka dapat bertahan dan berjaya meskipun masa jabatannya telah usai. Perlu kita ketahui bahwa Jack Welch adalah CEO General Electric selama 20 tahun gemilang, tetapi transisi kepemimpinan kepada Jeff Immelt di tahun 2001 dapat berjalan mulus, dan GE tetap berada di puncak berbagai daftar. Termasuk daftar “Perusahaan Paling Dikagumi” di majalah the Financial Times, dan daftar perusahaan paling dikagumi di majalah Barron. Mereka yang telah mempelajari GE tidak akan terkejut. Perusahaan tersebut berjaya lebih dari satu abad karena para manajernya telah menciptakan lingkungan dan sistem yang tepat.

Di akhir tahun 1800-an, CEO Charles Coffin menekankan bahwa produk terpenting GE bukan lampu bohlam atau transformator, melainkan bakat manajerial. Para manajer di GE menghabiskan banyak waktu untuk isu – isu sumber daya manusia, seperti merekrut, melatih, menilai, memonitor, dan mengembangkan bakat kepemimpinan untuk masa depan.

Apa Arti Manajemen? Apa Tugas Manajer?

Mengenali peran dan pentingnya orang lain merupakan aspek utama dari manajemen yang baik. Ahli manajemen abad keduapuluh Mary Parker Follett mendefinisikan manajemen sebagai ;

“Seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.”
-Mary Parker Follett-

Belakangan, ahli manajemen terkemuka Peter Drucker mengatakan bahwa tugas para manajer adalah memberi arahan bagi organisasi mereka, memberi kepemimpinan, dan menentukan penggunaan sumber daya organisasi untuk pencapaian tujuan.

Kegiatan-kegiatan tersebut diatas, tidak hanya dilakukan dalam sebuah organisasi provit, tapi juga sangat perlu diterapkan untuk organisasi non provit seperti sekolah dan lembaga pendidikan maupun yayasan kemanusiaan lainnya. Dan perlu dicatat bahwa kegiatan manajemen tidak hanya dilakukan eksekutif tingkat atas, tetapi juga manajer unit, supervisor maupun kepala sekolah dalam lembaga pendidikan.

Berdasarkan beberapa hal diatas, mari kita sedikit me-refresh ingatan tentang definisi manajemen berikut ini ;

Manajemen adalah pencapaian tujuan – tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan, dan pengendalian sumber daya organisasional.

Definisi ini mempunyai dua pemikiran penting : (1) Keempat fungsi perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian, (2) pencapaian tujuan – tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Manajemen Sekolah : Catatan Pengingat

Sebagai penutup untuk kita ingat, bahwa arti manajemen adalah menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Anda tidak dapat menyelesaikannya sendirian. Tugas Anda adalah menciptakan lingkungan dan kondisi yang melibatkan orang lain dalam mencapai suatu tujuan.

Dalam artikel selanjutnya akan kami bahas empat fungsi manajemen. Semoga bermanfaat dan bagi Anda para pengelola lembaga dan yayasan pendidikan, menajer, serta kepala sekolah juga bisa mengadopsi manajemen di perusahaan untuk diterapkan pada yayasan pendidikan Anda.

Jika Anda merasa memperoleh manfaat dari artikel ini, Anda bisa langsung membagikan kepada rekan yang membutuhkan dan jangan lupa subscribe KLIK DISINI atau klik tombol subscribe pada halaman ini untuk mendapat update informasi.

Baca Juga : HR for School | Pelatihan Manajemen SDM untuk Sekolah dan Lembaga Pendidikan

manajemen sumber daya manusia, manajemen sdm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *