Fungsi Manajemen | Manajemen Sekolah

Setelah beberapa waktu yang lalu telah kami bahas mengenai beberapa pemahaman tentang manajemen (Baca : Manajemen Sekolah – Jangan Keliru, Anda Wajib Memahami Manajemen Ini!). Saat ini kita akan me-refresh kembali pemahaman kita tentang empat fungsi manajemen. Tentunya artikel ini ditujukan kepada Anda para pengelola lembaga dan yayasan pendidikan, manajer, kepala sekolah dan Anda yang ingin bertumbuh. Semoga bisa Anda terapkan dalam organisasi maupun manajemen sekolah Anda.

Sebelum kita bahas satu persatu, perlu kita ketahui bersama bahwa beberapa ahli manajemen mengidentifikasi fungsi manajemen berbeda-beda. Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas 4 fungsi manajemen yang diantaranya perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan, pengendalian. Berikut penjelasannya.

Perencanaan

Perencanaan {planning) berarti mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya.

Pengelolaan

Pengelolaan (organizing) mencakup penentuan tugas, pengelompokan tugas, pendelegasian otoritas dan pengalokasian sumber daya di seluruh organisasi.

Kepemimpinan

Kepemimpinan (leading) berarti menggunakan pengaruh untuk memotivasi karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasional. Kepemimpinan bisa berupa menciptakan nilai – nilai dan budaya bersama, mengkomunikasikan tujuan-tujuan kepada karyawan di seluruh organisasi. Dan menyuntikkan semangat untuk memperlihatkan kinerja tertinggi kepada karyawan.

Pengendalian

Pengendalian (controling) berarti memonitor aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi berjalan sesuai dengan tujuan dan membuat koreksi jika diperlukan. Intinya kita harus memastika bahwa organisasi bergerak menuju visi yang diharapkan.

(Baca Juga : Workshop HR for School)

Yang terpenting dari 4 (empat) fungsi manajemen diatas adalah bagaimana caranya kita bisa memberikan kepemimpinan yang kuat dan memberikan kontribusi terbaik. Entah kita sebagai manajer puncak, maupun hanya sebagai manajer di unit terkecil sekalipun. Apalagi diera teknologi informasi yang sedemikian maju dan canggih, yang memungkinkan kita mengendalikan organisasi sesuai dengan kebutuhan. Kita juga bisa dengan mudah mengoordinasikan dan memonitor berbagai macam pekerjaan tanpa harus bertatap muka.

MANAJEMEN SEKOLAH : CATATAN AKHIR

Sebagai Ketua Yayasan, Pengurus Yayasan, Pengelola Lembaga Pendidikan, Kepala Sekolah, Manajer di Sekolah dan seluruh bagian manajemen sekolah terkadang kita lupa dengan hal ini. Yaitu fungsi manajemen mulai dari ; Perencanaan, Pengelolaan, Kepemimpinan, hingga Pengendalian. Kita terkadang terjerembak oleh situasi dan keadaan yang akhirnya membuat kita justru mengerjakan pekerjaan teknis yang bukan semestinya dikerjakan. Sudah saatnya kita untuk tumbuh dan mengelola sekolah dengan manajemen yang profesional.
manajemen sekolah, manajemen sdm sekolah, pelatihan manajemen sdm sekolah, pelatihan hr for school,
HR for School 

Jika Anda merasa memperoleh manfaat dari artikel ini, Anda bisa langsung membagikannya kepada rekan yang membutuhkan dan jangan lupa subscribe KLIK DISINI atau klik tombol subscribe pada halaman ini untuk mendapat update informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *