Contoh Job Description Kepala Sekolah

HR for School – Contoh Job Description. Job Description merupakan suatu hal yang penting keberadaannya bagi sekolah dan lembaga pendidikan. Dengan adanya job description maka tugas, tanggung jawab dan wewenang atas sebuah jabatan atau posisi tertentu menjadi lebih jelas. Job description yang baik, dapat menghindari terjadinya tumpang tindih pekerjaan dan mengetahui batas tanggung jawab maupun wewenang.

Contoh Job desciption kepala sekolah

Sekolah dan lembaga pendidikan yang profesional tentunya sudah memiliki job description untuk semua level pekerjaan. Berikut ini kami berbagi contoh job description kepala sekolah yang mungkin bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Job Description Kepala Sekolah

Fungsi Utama Jabatan Kepala Sekolah

Memimpin sekolah dan mengoptimalisasikan pergerakan sekolah mulai dari belajar siswa hingga guru dan seluruh elemen sekolah untuk mencapai visi misi yang telah dicanangkan.

Tanggung Jawab Kepala Sekolah

  1. Mengatur dan membina serta mendayagunakan tenaga dan sarana yang ada demi terciptana visi misi sekolah
  2. Mengayomi, melindungi dan menjadi solusi atas permasalahan yang ada dilingkungan sekolah
  3. Melakukan supervisi, mengontrol dan memastikan guru maupun pegawai melaksanakan tugas sesuai dengan standar operasional prosedur  yang berlaku
  4. Membuat rencana kerja sekolah, yang meliputi ; rencana kerja harian, mingguan, triwulan dan tahunan.
  5. Membuat rencana anggaran tahunan untuk memenuhi semua biaya operasional, maupun yang lainnya.
  6. Membimbing dan mendampingi guru agar selalu meningkatkan kompetensinya sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif.

Wewenang Kepala Sekolah

  1. Memimpin, mengontrol dan mengevaluasi kinerja guru dan staff
  2. Mengontrol aktivitas keuangan sekolah
  3. Menentukan penambahan maupun pengurangan guru dan staff

Contoh job description kepala sekolah diatas tentunya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing lembaga. Bisa Anda tambahkan dengan hal-hal yang lebih detail dan mendalam lainnya. Semoga contoh diatas bermanfaat bagi pengembangan manajemen sekolah di lembaga Anda agar lebih profesional.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, Anda bisa berbagi kebaikan dengan meneruskannya ke rekan Anda yang juga membutuhkan. Terima kasih.

Download Juga Standar Operasional Prosedur Sekolah Disini

Salam Sehat Sukses Bahagia,
HR for School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *